Virtual Tour Situs Candi Dawangsari

Virtual Tour Situs Candi Dawangsari

Situs Candi Dawangsari yang berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Situs ini terletak pada bentuk topografi dataran tinggi (perbukitan) dan berada satu kompleks dengan situs Candi Barong, tepatnya berada di sebelah utaranya. Situs Candi Dawangsari merupakan bangunan peninggalan yang bernafaskan agama Buddha. Hal ini terlihat dari bentuk dasarnya yang menyerupai stupa, namun masih berupa kumpulan lepas. maka situs ini kerap disebut juga sebagai Stupa Dawangsari.

Stupa Dawangsari terbuat dari batuan andesit, terdiri atas tiga tingkat. Susunan perbingkaian stupanya terditi atas batur teras pertama berukuran 17m x 17m, dengan tinggi 0,90m. Sementaa itu batur teras kedua berukuran 16m x 16m dengan tinggi 0,41m. Batur ketiga berukuran 15,3m x 15,3m. Pada bagian stupanya, lengkung stupa atau dagoba belum diketahui bentuknya secara pasti karena data yang ada hanya tersisa komponen lepas. Namun diperkirakan memiliki diameter 11 meter dan tingginya 5,75 meter.


Virtual Tour Candi Situs Candi Dawangsari

Petunjuk penggunaan :

  1. Klik pada icon bulat untuk beralih ke lokasi
  2. Bagi pengguna smartphone, gunakan mode fullscreen untuk mendapatkan pengalaman virtual tour yang lebih baik dengan meng-klik tombol di kanan atas. Anda juga bisa mengaktifkannya Auto-Rotate atau Mode Rotasi Otomatis untuk menyaksikan virtual tour pada mode landskap.
  3. Pilih tanda titik tiga di kiri atas untuk membuka menu.
  4. Pilih (i) di bagian kiri bawah untuk mengetahui info obyek wisata

admin

Suka jalan-jalan, jatuh cinta pada gunung dan pantai. Penasaran dengan semua hal yang berbau sejarah dan arkeologi. #FullTimeWorker, #MoonLighter #RemoteJob #DigitalMarketing #Journalist #Happy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *